Rahasia Teknik Seo On Page yang Tidak Banyak diketahui

Posted on

Rahasia Teknik Seo On Page – Pada artikel sebelumnya yang berjudul Apa Itu Seo, saya sudah menyinggung faktor – faktor seo. Salah satu faktor seo yang penting dan tidak banyak diketahui dan dioptimalkan dengan baik adalah seo on page. Padahal seo on page penting untuk di optimasi sebelum teman – teman mengoptimasi seo off page.

Banyak blogger yang kurang maksimal dalam optimasi seo on page. Mereka lebih mengupayakan optimasi seo off page dengan melakukan link building. Padahal seo on page lebih gampang karena faktor yang akan dioptimasi ada didalam struktur website / blog.

Optimasi Seo On Page

Adapun tujuan dari optimasi seo on age adalah untuk membuat blog atau website kita lebih relevan. Bukan saja relevan untuk mesin pencari google tapi juga untuk para visitor (pengunjung). Jika blog teman – teman sudah memenuhi kriteria maka popularitas website akan ikut berkembang.

Pada materi belajar seo dasar ini kita akan membahas faktor apa saja yang perlu dioptimasi dalam seo on page. Dengan upaya mengoptimasi seo on page diharapkan mampu menciptkan struktur website yang lebih baik.

Konsep Dasar Seo On PageĀ 

Setidaknya ada 3 point konsep dasar dalam penerapan seo onpage yang harus diperhatikan. Apa cuma hanya perlu optimasi di 3 poin ini ? Secara garis besar iya, namun dari ketiga poin ini akan kita kembangkan menjadi lebih terperinci pada detail pembahasan nanti.

  1. Tampilan dan kecepatan akses blog.
  2. Struktur website / blog yang jelas.
  3. Konten berkualitas.

Dari poin diatas mungkin teman – teman sudah bisa mempunyai gambaran. Apa saja yang perlu di maksimalkan kembali untuk menerapkan seo on page. Mungkin teman – teman berfikir ini adalah perkara yang mudah. Tapi jika dijabarkan akan ada banyak faktor yang nantinya perlu dioptimasi kembali.

Banyak dari teman – teman blogger yang beranggapan bahwa seo on page tidak perlu. Mereka berfikir bahwa yang paling berpengaruh adalah seo off page / link building. Dengan metode backlink yang baik maka akan mudah berada di halaman 1 google.

Sayangnya pendapat ini salah, justru seo on page yang harus ditangani lebih dahulu sebelum faktor lainnya. Teman – teman bisa bayangkan bagaimana jika teman – teman mengunjungi blog orang lain yang asal – asalan. Tidak menarik tampilannya, loadingnya lambat dan isinya tidak jelas. Kecewa kan ?

Nah disinilah pentingnya kita mengoptimasi seo on page. Ingat, bahwa faktor utama yang perlu dioptimalkan adalah kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Jika mereka menemukan apa yang dicari maka bisa dipastikan mereka akan dengan senang hati kembali mengunjungi blog kita di lain waktu. Ini adalah target yang akan dicapai.

Bagaimana dengan mesin pencari ? Percaya atau tidak bahwa google itu pintar dan terus dikembangkan. Google bisa membaca seluruh aktifitas di dalam website. Google akan tahu apakah para pengunjung blog puas atau tidak. Jangan heran karena google memiliki algoritma yang terupdate secara sistematis, bahkan lebih banyak dari yang kita fikirkan.

Penerapan Teknik Seo On Page

Oke teman – teman mari kita masuk ke pokok bahasan tentang penerapan seo on page. Dalam materi ini kita akan ulas satu demi satu dari 3 poin dasar seo on page. beserta komponen yang mendukung masing – masing poin.

Tampilan dan Kecepatan Akses Blog

Umumnya blogger pemula tidak banyak yang mengetahui bahwa tampilan dan kecepatan loading blog merupakan faktor pendukung seo. Biasanya mereka lebih mengutamakan tampilan blog yang menarik saja. Padahal semestinya keduanya harus serasi dan diperhatikan dengan seksama.

1. Memilih Template Blog yang Tepat

Template atau theme merupakan sebuah komponen pokok yang memiliki peran penting. Bukan saja terhadap tampilan tapi menentukan struktur website. Template blog yang baik adalah yang memiliki tampilan menarik namun tetap ringan.

Pilih template yang responsive agar bisa menyesuaikan apabila di akses melalui desktop maupun versi mobile. Perhatikan juga faktor seo didalam struktur template. Dan yang paling penting di era google saat ini adalah harus sudah berbasis AMP (Accelerated Mobile Page).

AMP dapat diartikan sebagai halaman mobile yang dipercepat. Jika struktur blog kita sudah mendukung AMP maka akan dapat diakses lebih cepat dan ringan melalui ponsel. Google telah memberi signal bahwa sebuah blog yang sudah mendukung AMP akan memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.

Dari sini teman – teman bisa menyimpulkan sendiri bagaimana google sendiri menuntut agar blog kita memiliki kecepatan akses yang cepat. Kenapa demikian, karena sejujurnya orang akan malas mengunjungi blog yang loadingnya lama. Pengunjung akan merasa bosan menunggu.

Lalu apakah ada template blog yang memenuhi unsur diatas ? jawabannya adalah banyak, kuncinya adalah selektif dalam memilih. Sekarang sudah banyak template blog yang ringan dan memiliki tampilan premium. Memenuhi unsur seo, responsive dan mendukung AMP.

Seperti halnya template yang saya gunakan ini. Loading nya masih wus wus meski diisi dengan banyak kontent bergambar. Responsive dan tetap maksimal diakses melalui ponsel. Jika mau mencoba, review template nya ada disini.

Bagaimana cara melihat apakah loading blog kita sudah memenuhi standar google. Pertama teman – teman bisa merasakannya sendiri bagaimana kecepatan loadingnya. Kedua coba cek melalui seo tool online layaknya Page Speed Insight. Semakin tinggi skor yang dihasilkan menandakan kecepatan loading blog nya semakin baik.

2. Kapasitas dan Layanan Hosting yang Baik

Tidak bisa diungkiri bahwa kualitas layanan hosting memberi pengaruh terhadap kesetabilan website. Pilih layanan hosting yang sudah kompeten dan umum digunakan. Carilah referensi yang bisa meyakinkan teman – teman dalam berlangganan jasa web hosting.

Cek kembali kapasitas hosting yang teman – teman pilih. Pastikan cukup untuk menampung kapasitas file yang digunakan dalam blog. Dalam jangka panjang, kapasitas penyimpanan pasti membutuhkan tambahan ruang. Dengan semakin banyak konten dan gambar otomatis akan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Sesuaikan saja dengan kebutuhan teman – teman.

3. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN adalah kumpulan dari server global yang terletak di beberapa pusat data di seluruh dunia yang bertugas untuk mengirim website pengunjung dengan lebih cepat melalui lokasi terdekat. Contohnya gini, teman – teman berlangganan hosting yang server nya ada di Indonesia. Ketika ada pengunjung blog yang berasal dari luar negeri misalnya amerika serikat.

Secara normal, seluruh konten website akan dikirim dari server di Indonesia ke Amerika. Nah karena jarak antara Indonesia dan Amerika terpisah cukup jauh, maka akses website membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika teman – teman menggunakan CDN maka seluruh data website akan tersimpan di server Amerika. Jadi ketika ada pengunjung dari Amerika maka pengiriman konten website menjadi semakin cepat. Begitu juga untuk negara – negara lain. Karena CDN tersebar ke pusat data di seluruh dunia.

Untuk fasilitas CDN ini teman – teman bisa mencoba di mendaftar Cloudflare. Sebuah layanan CDN gratis yang banyak digunakan untuk membantu mempercepat loading blog. Termasuk saya sendiri menggunakan Cloudflare untuk membantu kecepatan loading blog ini.

Sampai disini saya harap teman – teman bisa mendapat referensi. Segera periksa kembali faktor seo on page di blog teman – teman. Pastikan sudah memenuhi unsur yang sudah kita bahas diatas. Jangan lupa untuk langsung Action mempraktekan ke blog masing – masing.

Berhubung sudah terlalu panjang, maka materinya akan saya lanjutkan di artikel selanjutnya. Masih ada poin 2 dan 3 yang belum kita bahas secara detail. Pastikan teman – teman terus monitoring disini untuk mendapatkan pembahasan materi seo on page selanjutnya yang berjudul Optimasi Seo On Page Struktur Website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *